Minggu

Artikel Karies Gigi Pada Anak Usia Sekolah Dan Balita Serta Pengertian , Penyebab dan Cara Mencegahnya

Iklan


Pada kesempatan ini kami akan membahas kries gigi baik pada anak maupun orang dewasa namun disini kami condong dalam membahas kries gigi pada anak sebab anak adalah yang paling umum mengalaminya lalu bagai mana dengan orang dewasa ? pencegahan dan pengobatannya pun sama .
Artikel Karies Gigi Pada Anak Usia Sekolah Dan Balita Serta Pengertian , Penyebab dan Cara Mencegahnya

Pengertian Karies Gigi bisa dikatakan dengan sebuah infeksi yang terjadi pada gigi sehingga merusa struktur gigi secara total dan menyebabkan gigi berlubang .

Proses Terjadinya Karies Gigi

Adapun Proses terjadinya karies gigi diawali dengan adanya plak pada permukaan gigi, sukrosa (gula) dari sisa makanan yang anda makan dan bakteri berproses menempel pada waktu tertentu yang berubah menjadi asam laktat yang akan menurunkan pH mulut menjadi kritis (5,5) yang akan menyebabkan demineralisasi email berlanjut menjadi karies gigi


Penyebab Karies Gigi


Karies gigi adalah sebuah penyakit atau infeksi yang disebabkan oleh bakteri pembentuk asam yang banyak ditemukan pada karang gigi. Karena ini adalah sebuah infeksi, maka tidak bisa dikatakan bahwa ini adalah sebuah penyakit biasa. Namun tak perlu ahwatir. Karena hal ini bisa disembuhkan.

Karies gigi banyak ditemukan pada anak usia balita dan usia sekolah. Karena, pada usia ini kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi masih kurang. Selain itu, intensitas mengkonsumsi makanan dan minuman yang serba manis juga lebih besar. Asam metabolisme bakteri bereaksi sehingga menghasilkan remineralisasi. Selain itu, gigi anak usia balita dan sekolah masih tipis. Sehingga rentan terkena karies,
Ciri – Ciri Karies Pada Gigi
Ciri anak kita terkena karies adalah saat dia mengeluh sakit gigi dan giginya berlubang. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah karies gigi ini. Salah satunya adalah jika anak masih dalam usia sekolah, membiasakan si kecil untuk rajin menjaga kesehatan gigi. Misalnya membiasakan gosok gigi minimal dua kali sehari dan malam sebelum tidur. Awalnya memang agak susah. Namun, jika kita sabar untuk memberinya pengertian dan pengajaran, maka semuanya akan terbiasa dengan sendirinya.
Cara Mencegah Karies Gigi Pada Anak Usia Sekolah Dan Balita
Ajari juga si kecil untuk minum air putih dan berkumur-kumur dengan air putih setelah makan. Sebisa mungkin menghindarkan si kecil dari mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan rasa manis yang berlebihan. Jika kita tidak bisa mengawasi anak kita sewaktu di sekolah, maka ada baiknya kita janga memberikan uang jajan.Tapi bekali si kecil dengan bekal makanan yang kita masak sendiri dari rumah.

Selain itu, rajinlah untuk mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali. Dengan kita mengunjungi dan memeriksakan gigi kita pada dokter gigi, akan mudah untuk mendeteksi berbagai macam infeksi dan penyakit yang ada pada gigi. Selain itu, dokter akan memberikan beberapa tips dan arahan ataupun pengobatan lebih intensif untuk mencegah beberapa penyakit gigi.
Lalu bagaimana jika karies terjadi pada usia balita? Salah satu penyebab karies gigi pada usia balita adalah karena menyusui yang berlebihan atau pemberian makanan yang berlebihan juga. Pada usia balita, gigi bayi masih tipis dan rentan sekali terhadap infeksi. Cara pencegahannya sederhana. Hindari menyusui bayi secara berlebihan. Hindari juga memberikan makan secara berlebihan.
Cara Mengobati Karies Gigi di Dokter
Lalu bagaimana jika karies itu sudah terlanjur ada pada anak kita? Ada beberapa hal yang harus kita lakukan. Yaitu, tetap bersihkan gigi secara teratur dengan menyikat minimal dua kali sehari dan sekali sebelum tidur. Kemudian bawa putra atau putri kita ke dokter gigi terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Karena dokter akan melakukan langkah agar karies tidak meluas dan melebar.

Pada tahap yang agak parah, gigi akan berlubang. Pada saat gigi telah berlubang, biasanya dokter akan menambalnya. Kemudian akan membersihkan gigi yang lain agar tercegah dari penularan karies. Namun, pada saat karies sudah parah sekali sehingga mengakibatkan syaraf gigi mati, maka dokter akan mencabut gigi tersebut. Jika pada usia balita dan sekolah dimana gigi masih berada pada gigi susu, maka tidak perlu ahwatir. Karena akan tumbuh gigi baru dan permanen yang lebih bagus dan indah. Oleh karena itu, jika anak kita terkena karies gigi, maka segera bawa ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut . Ahkir kata dari obat sakit gigi org . semoga saja manfaat buat kita semua .
PREVIOUS ARTICLE Lawas: Obat Sakit Gigi
 

Delivered by FeedBurner