Sabtu

Artikel Tips Cara Menjaga Kebersihan , Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Dan Lansia



Apakah kita sudah mengetahui benar cara menjaga kebersihan kesehatan gigi dan mulut ? Ya, menjaga kebersihan mulut memang penting. Area mulut yang meliputi gigi gusi dan alat cerna lainnya wajib untuk dijaga kesehatannya. Mulut berhubungan langsung dengan kesehatan pencernaan. Sehingga jika mulut kita tidak dirawat, bakteri akan mudah masuk ke dalam perut dan menganggu sistem pencernaan. Bukan hanya itu saja, ada bakteri yang berasal dari gigi berlubang yang berbahaya bagi kesehatan jantung. Maka, kita jangan sekali-kali meremehkan masalah gigi atau mulut.

Artikel Tips Cara Menjaga Kebersihan , Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Dan Lansia

Mengetahui cara menjaga kebersihan kesehatan gigi dan mulut tidak hanya diperlukan oleh orang dewasa saja. Justru menumbuhkan kesadaran untuk merawat gigi harus mulai ditanamkan sejak kanak-kanak. Bahkan, hal tersebut harus dilakukan pada masa lansia sekalipun.


Cara Menjaga Kebersihan Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Dan Lansia


Dibawah ini akan dijelaskan secara singkat cara merawat kesehatan gigi pada dua kategori yaitu anak-anak dan lansia.


1. Menjaga kebersihan gigi pada anak

Diusia yang masih kanak-kanak, peran orangtua sangat menentukan baik tidaknya perawatan gigi mereka. Akan sangat baik jika orangtua selalu mengingatkan dan mengajarkan anak akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Disamping itu, untuk menumbuhkan kesadaran anak, maka orangtua sebaiknya memberikan contoh bagaimana merawat kesehatan sehari-hari seperti:


- Menggosok gigi secara teratur minimal setelah sarapan dan sebelum tidur. Kita bisa mengajak anak tiap kali menggosok gigi agar membuat mereka terbiasa.


- Mengurangi konsumsi permen untuk anak. Hal ini bisa kita siasati dengan mengganti permen dengan buah-buahan favorit anak-anak. Pada usia kanak-kanak memang mereka lebih cenderung suka yang manis-manis dan berwarna-warni, maka menggantinya dengan buah akan lebih menyehatkan.


- Memberikan contoh bagaimana cara menyikat gigi yang baik. Anak-anak belum mengetahui bagaimana cara menggosok gigi yang benar dan tidak melukai mulut.

Baca juga : Obat Gigi Ngilu Mengunyah

2. Menjaga kebersihan gigi pada lansia


Diusia yang tidak muda lagi kadang para lansia sedikit malas untuk membersihkan gigi. Meskipun mengonsumsi makanan semakin berkurang, bukan berarti perawatan gigi dihentikan. Apalagi jika lansia menggunakan gigi palsu, maka dibutuhkan perawatan khusus seperti:

- Menggosok gigi secara rutin minimal 2 kali sehari.


- Memilih sikat gigi yang lembut agar nyaman saat digunakan.


- Membersihkan gigi palsu (jika memakai) secara rutin. Membersihkan gigi palsu bisa dengan cara disikat dengan pasta gigi kemudian rendam di air hangat selama beberapa menit.


Dampak Mengabaikan Cara Menjaga Kebersihan Kesehatan Gigi Dan Mulut


Baik untuk anak-anak, remaja, dewasa maupun lansia, menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang wajib jika ingin memiliki senyum indah serta pencernaan yang baik. Inilah dampak negatif jika kita mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan gigi:

1. Bau mulut

Gigi yang tidak terawat akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Hal tersebut bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri dan itu akan mengganggu aktifitas sehari-hari.


2. Gigi bermasalah

Saat kebersihan gigi diabaikan, maka masalah gigi akan timbul seperti gigi berlubang, keropos atau gigi menguning.


3. Masalah pencernaan

Mulut bukan hanya area yang terkena dampak buruk saat jarang dirawat. Sistem pencernaan juga akan terganggu karena banyak bakteri yang masuk.


Oleh karena itu, jika kita ingin memiliki senyum nan indah serta tubuh yang sehat maka sangatlah utama untuk kita mengetahui dengan benar cara menjaga kebersihan kesehatan gigi dan mulut dari obatsakitgigi.org . semoga saja dapat membatu .
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner