Minggu

Artikel Struktur , Anatomi Gigi dan Mulut Manusia dan Fungsinya Paling Lengkap

Iklan


Struktur anatomi gigi dan mulut manusia merupakan bagian-bagian yang terdapat pada gigi dan mulut yang mempunyai fungsi masing-masing. Fungsi tersebut akan membantu dan berhubungan dengan gigi dan mulut, baik dalam proses pencernaan, pernafasan maupun bicara.


Struktur anatomi gigi dan mulut manusia sebelum dibahas kita harus mengetahui pengertian gigi dan mulut. Mulut adalah suatu rongga yang terbuka tempat masukanya makanan dan minuman. Mulut juga bisa disebut sebagai rongga mulut. Rongga mulut merupakan bagian yang pertama kali dalam saluran pencernaan.

Artikel Struktur , Anatomi Gigi dan Mulut Manusia dan Fungsinya Paling Lengkap

Struktur anatomi mulut terdiri dari bibir dan pipi, langit-langit mulut, lidah, kalenjar ludah, amandel, otot mulut dan gigi. Sedangkan fungsinya yaitu:
Anatomi Mulut dan Fungsinya

1. Bibir dan Pipi

Bibir dan pipi mempunyai peran membantu memegang ataupun menjaga makanan yang ada di mulut dan menyimpannya untuk dikunyah. Bibir juga digunakan untuk membentuk kata-kata dalam berbicara.


2. Langit-langit Mulut

Langit-langit mulut memisahkan mulut dari rongga hidung. Langit-langit mulut membentuk permukaan atas anatomi mulut. Langit-langit mempunyai dua bagian yaitu langit-langit keras di bagian depan rongga mulut dan langit-langit lunak ke arah belakang rongga mulut.


3. Lidah

Lidah merupakan organ berotot, terdiri dari serat otot, yang melekat pada bagian belakang lantai mulut. Ketika lidah tidak digunakan letaknya diantara gigi dan rahang bawah. Lidah berfungsi untuk memindahkan makanan di dalam mulut selama proses mengunyah dan membantu dalam pembuatan suara saat berbicara.


4. Kalenjar Ludah

Merupakan kalenjar kecil yang bisa ditemukan di bagian luar mulut dan bisa menghasilkan air liur. Air liur berfungsi untuk membasahi makanan sehingga makanan yang dimakan akan lebih mudah untuk ditelan. Kalenjar ludah juga mempunyai fungsi membantu proses pencernaan, dan memecah pati dalam makanan karena mengandum enzim amilase.


5. Amandel

Amandel merupakan dua kalenjar kecil yang terbuat dari jaringan limfatik, yang merupakan lipatan tipis jaringan di setiap sisi yang berjalan dari langit-langit lunak atas ke akar lidah bawah.


6. Otot Mulut

Gerakan yang terdapat pada mulut dikendalikan oleh otot mulut. Otot mulut terletak di bawah selaput lender, melekat pada kerangka dan sering agak jauh dari mulut.


7. Gigi

Manusia mempunyai gigi primer sebanyak 20 gigi, sedangkan gigi sekunder 32 gigi. Jenis-jenis gigi disesuaikan dengan cara dalam penangan terhadap makanan. Seperti gigi seri yang terdapat di depan, berfungsi untuk pemotongan. Gigi taring untuk mengoyak makanan dan gigi geraham untuk mengunyah makanan. Gigi terhubung dengan rahang atas, bawah dan ligamen.


Gigi adalah bagian keras yang merupakan alat pencernaan yang terdapat di dalam mulut. Gigi mempunyai fungsi memotong,merobek dan mengunyah makanan. Struktur gigi keras, hal ini akan memudahkan dalam menjalankan funsinya.
Artikel Struktur , Anatomi Gigi Manusia

Struktur anatomi gigi terdiri atas 4 lapisan:


1. Email Gigi

Merupakan lapisan yang melapisi mahkota gigi. Email gigi merupakan bagian yang keras, terdapat kalium dengan konsentrasi tinggi. Email gigi yang paling keras berfungsi sebagai pelindung.


2. Sementum Gigi

Merupakan bagian gigi yang melapisi akar gigi. Fungsinya menghubngkan gigi dengan rahang tempat tumbuh.


3. Tulang Gigi (Dentin)

Tulang gigi mempunyai struktur terluas pada gigi yang seperti tulang namun keras. Tulang gigi melapisi seluruh tubuh gigi dari akar hingga mahkota.


4. Rongga Gigi (Pulpa)

Jaringan terlunak pada tengah gigi yang berisi pembuluh darah dan pembuluh saraf adalah rongga gigi. Fungsinya memberikan nutrisi pada gigi dan membentuk lapisan tulang gigi.


Jenis gigi manusia dan fungsinya masing-masing



Manusia memiliki 4 jenis gigi dan 4 jenis gigi ini memili fungsi dan kegunaannya masing-masing , yaitu :


  1. Gigi Seri, merupakan gigi yang mempunyai satu akar dan berfungsi untuk memotong atau mengerat makanan. Gigi seri berbentuk tegak dengan mahkota yang horizontal. Manusia dewasa memiliki 4 gigi seri, 2 di rahang bawah dan 2 di rahang atas.
  2. Gigi Taring, merupakan gigi yang memiliki satu akar dan berfungsi untuk merobek dan mengoyak makanan. Gigi taring berbentuk tegak dan agak runcing. Manusia dewasa memiliki 4 gigi taring, 2 di rahang bawah dan 2 di rahang atas.
  3. Gigi Geraham Depan (Premolar), merupakan jenis gigi yang mempunyai 2 akar dan berfungsi untuk menggiling dan mengunyah makanan. Gigi Premolar berbentuk rendah dan terdapat beberapa tonjolan pada bagian mahkotanya. Manusia Dewasa memiliki 8 Gigi Premolar, yaitu 4 di rahang bawah, dan 4 di rahang atas.


Gigi Geraham Belakang (Gigi Molar), merupakan jenis gigi yang mempunyai 2 atau 3 akar dan berfungsi untuk menggilas, melumat, menghancurkan, dan menghaluskan makanan. Gigi Molar memiliki bentuk yang hampir sama dengan gigi Premolar diatas. Manusia dewasa memiliki 12 gigi Molar permanen. Masing – masing 6 di rahang atas dan bawah

Dengan mengetahuinya maka kita juga akan mengetahui fungsi struktur anatomi gigi dan mulut manusia, Jenis-jenis gigi sebagi artikel penutup tentang anatomi gigi manusia yang harus anda tahi . Sekian saja dari obatsakitgigi.org semoga anda bisa menyayangi gigi anda .
PREVIOUS ARTICLE Lawas: Obat Sakit Gigi
 

Delivered by FeedBurner