Kamis

Apa Penyebab Gigi Anak Rusak, Keropos, Hitam Dan Berlubang

Apa Penyebab Gigi Anak Rusak, Keropos, Hitam Dan Berlubang
Anak-anak seringkali mengalami sakit gigi namun kita masih kurang memahami penyebab gigi anak rusak. Masa kanak-kanak memang masa dimana pengawasan orangtua memiliki peranan penting termasuk dalam hal merawat kesehatan gigi. Anak-anak tentu masih memiliki kemampuan yang terbatas dalam hal menjaga kebersihan gigi sehingga orangtua lah yang harus mengajarkannya pada mereka. Sebagian besar orangtua biasanya menganggap sakit gigi pada anak adalah hal yang biasa sehingga tidak harus dikhawatirkan. Namun, hal tersebut salah karena gigi yang sakit akan menganggu pertumbuhan anak.

 Apa Penyebab Gigi Anak Rusak, Keropos, Hitam Dan Berlubang

Mencari tahu penyebab gigi anak rusak harus dilakukan oleh orangtua untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada gigi anak mereka. Dimasa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan nutrisi yang baik untuk dicerna, jika gigi rusak dibiarkan maka pertumbuhannyapun akan terganggu karena sistem metabolisme yang kurang baik.

Apa penyebab gigi anak rusak, keropos dan berlubang

Penyebab rusaknya gigi anak sebenarnya berawal dari kebiasaan sehari-hari yang salah yang tidak disadari orangtua seperti:
  1. - Terlalu banyak memberikan asupan makanan dan minuman yang mengandung gula. Meskipun anak-anak cenderung menyukai makanan yang manis, namun sebaiknya orangtua membatasinya agar gigi anak tidak mudah keropos atau berlubang.
  2. - Memberikan susu atau minuman manis lainnya melalui botol dot sebelum tidur. Seringkali orangtua memberikan susu dalam botol dot sebelum si anak tidur. Kebiasaan ini justru akan cepat merusak gigi anak. Susu sedikitnya mengandung gula/pemanis. Jika anak tidur dalam keadaan mengemut botol dot maka bakteri akan tinggal dalam mulut anak sehingga merusak kesehatan gigi dan mulutnya.
  3. - Memberikan makanan sampai anak tertidur. Saat anak rewel seringkali orangtua memberikan camilan/makanan sampai anak tertidur lelap. Hal tersebut berbahaya bagi kesehatan mulutnya karena sisa-sisa makanan akan tertinggal dimulut dan mengundang bakteri jahat untuk merusak gigi.
Baca juga : Penyebab, Gejala , Bahaya , Penanganan polip gigi
Dengan mengetahui penyebab rusaknya gigi anak, maka kita sebagai orangtua bisa mulai mengubah pola kebiasaan kita sehari-hari. Seperti yang kita ketahui, makanan yang masuk kedalam perut anak akan diserap untuk proses pertumbuhannya agar anak berkembang dengan baik. Jika giginya dibiarkan rusak maka asupan gizi yang masukpun akan berkurang karena bercampur dengan bakteri jahat dari gigi berlubang.

Bahayanya mengabaikan penyebab gigi anak rusak

Jika anak kita mengalami masalah pada giginya sebaiknya kita harus segera mengatasinya. Jika gigi anak tidak dirawat dengan benar maka akan ada masalah gigi yang dapat menganggu tumbuh kembangnya seperti :
  • - karies botol
  • - karies rampan
Karies merupakan kondisi dimana gigi keropos atau berlubang. Kedua penyakit gigi tersebut tidak bisa diremehkan karena jika terjadi pada anak maka rongga mulutnya bisa bermasalah seperti gampang terkena sariawan. 

Disamping itu, karies gigi akan menimbulkan rasa sakit yang cukup menganggu yang nantinya akan mempengaruhi pola makan anak. Jika gigi sakit, maka anak akan menolak untuk makan sehingga pertumbuhannya terganggu. 
Baca juga : Kapan Anak Bayi Tumbuh Gigi , Usia Berapa , Dan Bagaimana Cara Merawatnya ?
Selain pola makan, rasa sakit yang ditimbulkan dari gigi yang rusak juga dapat mengganggu pola tidur anak. Tidur yang cukup dan nyenyak sangat berpengaruh pada kesehatan anak. Jika tidurnya sering terbangun karena sakit gigi maka pertumbuhannya pun akan terganggu. Anak akan cenderung impulsif dan kehilangan nafsu makan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mancari tahu penyebab gigi anak rusak dan solusi yang terbaik untuk mengatasinya demi tumbuh kembangnya untuk menjadi anak yang sehat dan cerdas. Sekian dari obat sakit gigi dot org semoga dapat membantu baca juga artikel sakiti gigi anda dan orang dewasa selanjutnya di artikel sesudah ini .
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner