7 Tips Cara Merawat Gigi Berlubang Besar Agar Tidak Sakit dan Tidak Bau Secara Alami

7 Tips Cara Merawat Gigi Berlubang Besar Agar Tidak Sakit dan Tidak Bau Secara Alami

7 Tips Cara Merawat Gigi Berlubang Besar Agar Tidak Sakit dan Tidak Bau Secara Alami
Cara merawat gigi berlubang harus kita ketahui agar kita bisa menangani ketika gigi kita berlubang. Gigi yang berlubang tentunya cukup menggangu, baik dalam mengunyah dan menelan makanan ataupun bagi kesehatan gigi. Gigi berlubang tentunya tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena akan semakin besar dan mengundang datangnya penyakit gigi. 

Cara merawat gigi berlubang besar agar tidak sakit dan bau secara alami, bisa dilakukan dengan beberapa cara. Bisa mengikuti cara yang diberikan secara turun temurun oleh nenek kita atau beberapa pengetahuan yang kita ketahui.

Gigi yang berlubang terkadang memang menimbulkan rasa sakit dan nyeri, apalagi ketika perawatan dan kebersihan tidak terlalu diperhatikan. Bakteri gigi menjadi mudah datang, lalu kotoran dan sisa makanan menumpuk pada gigi yang berlubang, akhirnya rasa sakit pun terasa. 

Langkah Atau Cara Merawat Gigi Berlubang Besar Agar Tidak Sakit dan Tidak Bau Secara Alami

Beriku ini adalah Cara alami merawat gigi berlubang besar agar tidak sakit dan tidak bau yaitu :

1. Minum air putih
Air putih sangat bagus untuk tubuh, begitu pula denga gigi. Banyak minum air putih akan membasahi mulut, sehingga bau yang ditimbulkan mulut menjadi berkurang. Selain itu mencegah timbulnya bakteri penyebab bau mulut qakibat gigi berlubang.

2. Menggosok gigi
Menggosok gigi dengan cara menggosok gigi sesuai dengan yang disarankan oleh dokter gigi. Cara menggosok gigi dengan menggosok gigi dari atas ke bawah. Melakukan gosok gigi secara benar dan rutin bisa mencegah bertambah parah dan lebarnya lubang pada gigi. Bahkan ketika nyeri pada gigi menyerang mulailah dengan menggosok gigi. Beberqapa orang mempraktekkan hal ini, waktu nyeri gigi menyerang, mereka langsung sikat gigi. Hal ini mengurangi rasa nyeri yang terjadi.
3. Menggunakan sikat berbulu halus
Sikat berbulu yang halus mampu menjangkau bagian gigi, terutama yang berlubang terdalam, bahkan bagian yang sulit di jangkau. Sikat gigi yang halus juga menghindari gigi dari infeksi karena terkena sikat gigi kasar. Karna bagaimanapun juga sikat gigi kasar mampu melukai bagian gigi, yaitu gusi.

4. Menggunakan obat kumur
Gunakanlah obat kumur setelah menyikat gigi, fungsi obat kumur ini adalah membasmi bakteri yang tidak bersih saat menyikat gigi. Terutama pada bagian gigi yang berlubang. Obat kumur bisa dengan obat kumur alami yaitu dari daun sirih yang didihkan atau bisa beli ke apotik.

5. Menghindari sejumlah makanan
Ada beberapa makanan yang harus dihindari ketika gigi kita berlubang, yaitu makanan yang manis, panas, dingin, dan asam. Makanan-makanan ini mampu menimbulkan rasa nyeri saat emakannya. Air es juga harus dihindari. Kadang menjadikan gigi terasa ngilu. Ngilu dan nyeri pada gigi terkadang datang dan pergi, oleh karena itu menghindarinya lebih baik.

6. Berkumur dengan garam
Berkumur dengan garam merupakan cara turun temurun yang diberitahukan oleh orang tua kita, kandungan yodium pada garam merupakan anti bakteri pada gigi yang berlubang. Caranya berkumur-kumur dengan air yang sudah dicampur garam. Lakukan beberapa kali sampai rasa nyeri hilang.
7. Mengkonsumsi kalsium
Mengkonsumsi kalsium dapat memperbaiki gigi yang berlubang. Perwatan gigi harus dilakukan secara intensif agar mendapatkan hasil yang maksimal. Makanan yang berkalsium tinggi dapat membantu dan mendukung secara internal perbaikan gigi berlubang. Sumber makanan berkalsium tinggi contohnya telur, daging, susu, kacang-kacangan, multivitain, dll.

Bagaimanapun gigi yang berlubang besar dan menyebabkan bau pada mulut menjadikan kit tidak nyaman, dan kepercayaan diri akan hilang. Apalagi ketika berkumpul denga banyak orang lain. Otomatis harus peduli cara merawat gigi berlubang.

 Itulah artikel tips merawat gigi agar tetap bersih dan tidak menimbulkan bau tak sedap meski sudah berluang lama dari obatsakitgigi.org . Mari kita budayakan gigi sehat . !
Referensi:
- http://sakitgi2.blogspot.com/2015/06/cara-merawat-gigi-berlubang-agar-tidak-sakit-tidak-bau.html

You Might Also Like:

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments