Kapan Anak Bayi Tumbuh Gigi , Usia Berapa , Dan Bagaimana Cara Merawatnya ?

Kapan Anak Bayi Tumbuh Gigi , Usia Berapa , Dan Bagaimana Cara Merawatnya ?

tanda-tanda ciri-ciri Kapan Anak Bayi Tumbuh Gigi , Usia Berapa , Dan Bagaimana Cara Merawatnya ?
Bagi ibu yang baru pertama kali memiliki bayi pasti sering bertanya-tanya kapan anak bayi tumbuh gigi. Pertama kali menjadi seorang ibu pasti menjadi momen yang tidak terlupakan bagi setiap wanita. Banyak kebahagiaan yang terjadi selama proses tumbuh kembang anak. Disamping itu, terkadang ibu baru juga memiliki kekhawatiran-kekhawatiran seperti saat bayi tumbuh gigi.  Nah untuk menjawab ke waswasan bunda semua kami membuat artikel tentang itu dengan judul .

Kapan Anak Bayi Tumbuh Gigi ,Usia Berapa , Dan Bagaimana Cara Merawatnya ?

Kapan anak bayi tumbuh gigi menjadi momen yang cukup menegangkan pagi para ibu khususnya ibu baru. Pada fase ini sering kali bayi rewel karena merasa tidak nyaman saat tumbuh gigi baru. Meskipun begitu, ada juga beberapa bayi yang melewati fase tumbuh gigi ini dengan cepat sehingga tidak merasakan sakit.

Kapan anak bayi tumbuh gigi, usia berapa dan bagaimana cara merawatnya ?

Lalu pada usia berapa anak bayi tumbuh gigi? Saat fase ini terjadi, apa yang harus dilakukan ibu?
Umumnya bayi tumbuh gigi pada usia antara 4 hingga 6 bulan. Namun, ada juga sebagian bayi yang tumbuh gigi lebih cepat atau lambat dari usia pada umumnya. Sebagian bayi lainnya mungkin baru tumbuh gigi pada usia 10 bulan. Para ibu tidak perlu khawatir ketika anak lambat atau bahkan terlalu cepat mengalami fase tumbuh gigi karena hal tersebut wajar-wajar saja. Jika pada usia 14 bulan bayi belum menunjukkan tanda-tanda tumbuh gigi, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Cara Merawat gigi Bayi baru Tumbuh

Saat tumbuh gigi, bayi seringkali rewel dan tidak tenang. Yang harus para ibu lakukan saat anak bayi tumbuh gigi adalah:

1.  Penggunaan teether
Teether dapat membantu bayi untuk mengurangi rasa sakit dan gatal saat bayi tumbuh gigi. Umumnya bayi akan mencari-cari benda untuk digigit pada fase ini, sehingga menggunakan teether dirasa akan lebih aman bagi bayi. Namun perlu diperhatikan sebelum memberikan teether, sebaiknya mainan ini dibersihkan terlebih dahulu.

2.  Mulai memberikan makanan pendamping
Jika bayi telah berusia 6 bulan dan mulai tumbuh giginya, maka tidak apa untuk memberikannya makanan pendamping seperti finger food. Makanan ini sudah banyak tersedia namun pastikan untuk memilih makanan yang mudah dicerna dan nyaman untuk digenggam bayi,

3. Meringankan nyeri pada gusi bayi
Saat tumbuh gigi, bayi akan merasakan sakit dan gatal pada gusi. Hal inilah yang membuatnya rewel. Para ibu bisa membantu mengurangi sakitnya dengan mengusap gusi bayi. Gunakan jari untuk mengusap gusi bayi dengan lembut namun pastikan jari dalam keadaan bersih.

4.  Mengatasi demam
Pada fase tumbuh gigi, bayi seringkali mengalami demam. Normalnya suhu bayi yang demam saat fase ini adalah tidak lebih dari 39 derajat. Jika suhu tubuh bayi melebihi 39 derajat maka sebaiknya segera periksakan pada dokter agar demam bisa segera diturunkan.
JIka ingin pasta gigi bayi maka baca ini : Pasta Gigi Anak dan Bayi Balita / Odol Tanpa Fluoride

Geja Bayi Tumbuh Gigi Yang haru anda Tahu

Jika anda bertanya  Kapan anak bayi tumbuh gigi, dan apa gejalanya disini akan kami jelaskan dengan lugas . yaitu :

Ketika memasuki usia 4-10 bulan bayi akan menunjukkan tanda-tanda tumbuh gigi seperti:
  • Produksi air liur bertambah yang mengakibatkan bayi mudak tersedak dan batuk.
  • Terdapat ruam pada sekitar wajah dan dagu.
  •  Sering menggigit benda-benda yang ada disekitarnya.
  • Berkurangnya nafsu makan karena gusi yang bengkak dan sakit.
title=""
Menyaksikan dan menikmati setiap momen pertumbuhan anak memang sangat menyenangkan. Namun pada momen tumbuh gigi, seringkali kita merasa panik karena bayi lebih rewel. Jika kita sudah mengetahui kapan anak bayi tumbuh gigi dan apa yang harus dilakukan maka sudah tidak perlu panik lagi bukan?  Sekian saja dari kami bunda semiga dapat memberi manfaat . Jangan lupa jika anda memiliki masalah gigi kunjungi http://www.obatsakitgigi.org ini . Saya yakin anda akan menemukan solusinya di blog ini .

You Might Also Like:

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments