Jumat

Nama Penyakit-Penyakit Dan Akibat Gigi Berlubang yang Dibiarkan Terlalu Lama

Nama Penyakit-Penyakit  Dan Akibat Gigi Berlubang yang Dibiarkan Terlalu Lama
Penyakit dan akibat gigi berlubang harus diperhatikan. Gigi yang berlubang jika dibiarkan secara terus menerus dan tidak melakukan perawatan dengan baik, mampu berdampak pada kesehatan.
Penyakit dan akibat gigi berlubang bermacam-macam, yang sangat merugikan diri sendiri dan mengganggu kesehatan. Dikarenakan sakit gigi terjadi pada gigi dan di sekitat gigi, maka penyakit yang dialami juga berhubungan dengan area sekitar mulut.

Penyakit-Penyakit  Dan Akibat Gigi Berlubang yang Dibiarkan Terlalu Lama

Berikut ini adalah Penyakit-penyakit dan akibat gigi berlubang  , diantaranya: 

1. Infeksi gigi

Gigi yang berlubang terjadinya lubang antara lapirasan luar gigi enamel dan dentim. Kedua lapisan ini melindungi jaringan hidup di dalam gigi, di mana pembuluh darah dan sarah berada. Nah ketika gigi berluang maka akan mengurangi gunsi tersebut, lalu masuknya sisa makanan di dalam lubang gigi yang mendapatangkan bakteri. Jaringan hidup dalam gigi bisa terkena racun bakteri atau makanan yang panas, dingin, asam, manis sehingga menimbulkan rasa sakit. Cidera parah pada jaringan hidup mampu menimbulkan kematian jaringan hidup (pulpa) sehingga mengakibatkan infeksi gigi. Gusi pun menjadi bengkak.
Infeksi gigi yang meluas menjadi sarana masuknya kuman penyakit yang dapat menyebabkan infeksi pada paru-paru, jantung dan otak. Jika hal ini terjadi bisa mengakibatkan kematian. Menyeramkan bukan? Maka jangan pernah abaikan infeksi pada gigi. Segera tangani. 

2. Penyakit gusi

Penyakit gusi ditimbulkan oleh racun yang dikeluarkan bakteri tertentu yang menumpuk pada plak gigi dalam waktu yang lama di bawah garis gusi. Plak gigi merupakan campuran dari sisa makanan, air liur dan bakteri. Gejala pertama yang terlihat dari penyakit gusi ini adalah keluarnya darah. Jika keluar darah tanpa rasa sakit masih tahapan awal, namun ketika disertai rasa nyeri berarti penyakit gusi tersebut sudah parah. Penyakit gusi yang parah dapat mengakibatkan infeksi gusi, bengkak, nyeri, dan kerusakan tulang lebih lanjut. Selanjutnya bisa berpengaruh terhadap gigi yang sehat, gigi tersebut bisa tanggal.
Seorang yang mengalami penyakit ini baisanya kurang memperhatikan kebersihan mulut, suka merokok, mempunyai riwayat sejarah keluarga yang mempunyai sakit yang sama, dan bisa juga dikarenakan ada riwayat keluarga yang diabetes. 

3. Akar gigi sensitif

Akar gigi yang terbuka merupakan salah satu penyebab gigi sakit. Akar gigi yang terbuka mampu melarutkan racun bakteri dan menyebabkan gusi dan tulang surut, lantas memperlihatkan akar gigi. Ketika akar gigi terbuka, menjadikannya lebih sensitif terhadap makanan yang masuk seperti makanan panas, dingin, manis dan asam, karena tidak dilindungi oleh gusi yang sehat dan tulang. 

4. Sindrom gigi retak

Sindrom gigi retak mengacu kepada gigi patah (gigi faktur) tanpa rongga yang berhubungan ataupun penyakit gusi yang lainnya. Ketika menggigit makanan atau apapun dan tepat pada daerah gigi faktur makan rasa nyeri yang ditimbulkan semakin terasa nyeri menjadi lebih tajamdan parah. Gigi patah atau gigi faktur terjadi biasanya karena mengunyah dan menggigit makanan yang keras. 

5. Inpaksi dan erosi gigi

Gigi yang gagal tumbuh dengan posisi yang tepat atau tumbuh di bawah gusi dan tulang menyebabkan gigi terasa sakit. Gigi yang berasa pada posisi yang tidak tepat tersebut berpengaruh pada gigi geraham akhir yang hendak tumbuh, ketika gigi geraham tersebut tumbuh maka gusi menjadi sakit, meradang dan bengkak. Lantas berpengaruh juga pada gigi di sebelahnya dan mendorong/ menekan ke gigi atau tulang yang meradang tersebut dan terinfeksi. 

Setelah mengetahuinya tentunya kita harus lebih hati-hati dan merawat gigi yang berlubang. Demi kesehatan kita dan menghindari penyakit yang lebih berbahaya lagi datang ke kita kita harus waspada terhadap penyakit akibat gigi berlubang. 
Itulah nama-nama penyakit gigi yang sering menjadi masalah saat mengunyah makanan dan kesehatan badan sehingga seyogiyanya dihindari penyebab-penyebab muncul dan diatasi bila sudah terlanjur anda mengindap penyakit tersebut . Salam sehat dari  obatsakitgigi.org .
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner