Jumat

Rumus dan Jumlah Gigi Susu Anak , Fungsi dan Waktu Tumbuhnya

Rumus dan Jumlah Gigi Susu Anak , Fungsi dan Waktu Tumbuhnya
Apa dan berapa rumus dan jumlah gigi susu anak ? Ya, hal ini memang perlu diketahui agar tidak timbul kekhawatiran apabila tumbuh gigi susu pada anak, juga bisa menjadi acuan apabila kita mengalami kelebihan gigi susu, sehingga kita bisa segera berkonsultasi dan mengobatinya ke dokter gigi, agar kesehatan gigi anak kita bisa terjaga.

Rumus dan Jumlah Gigi Susu Anak , Fungsi dan Waktu Tumbuhnya

Rumus dan jumlah gigi susu anak ini memiliki fungsi tersendiri dan waktu tumbuhnya. Sehingga kita bisa memeperkirakan dan mengevaluasi kapan waktu gigi susu anak itu harusnya tumbuh. Dan, kita juga mesti mengetahui tentang fungsi dari tumbuhnya gigi susu anak, sehingga tidak terlalu was-was kalau ternyata anak kita mengalami pertumbuhan gigi susu.

Rumus dan Jumlah Gigi Susu Anak


Gigi susu anak memiliki rumus dan jumlah sebagai berikut :

Jumlah gigi susu pada anak yakni berjumlah 20 buah. Adapun rincian dari rumus gigi susu anak ini adalah sebagai berikut :

Ya, rumus gigi susu anak adalah 8 gigi molar (gigi geraham besar), dengan posisi masing-masing 2 gigi molar di bagian atas kiri, 2 gigi molar di bagian atas kanan, 2 gigi molar di bagian bawah kiri, dan 2 gigi molar di bagian bawah kanan. Selanjutnya adalah jumlah gigi premolar (Gigi geraham kecil) yang berjumlah 8, Gigi Caninus (gigi taring) yang berjumlah 4 buah, dan juga gigi Insisivus (gigi seri) yang berjumlah 8 buah.

Dari gambar diatas juga kita bisa mengetahui bahwa jumlah gigi tetap atau gigi permanen berbeda dengan jumlah gigi susu. Ya, gigi permanen berjumlah 32 buah, terdiri dari 12 buah gigi molar, 8 buah gigi premolar, 4 buah gigi caninus, dan 8 buah gigi insisivus.

Waktu Tumbuhnya Rumus dan Jumlah Gigi Susu Anak

Gigi susu atau sering disebut dentis desidue ini tumbuh pada usia anak 6 bulan hingga 8 tahun. Seiring perkembangannya, gigi susu ank ini akan tanggal atau lepas dengan sendiri hingga digantikan dengan gigi dewasa. Waktu lepasnya gigi susu ini dimulai dari usia anak 6 tahun hingga 14 tahun. Dengan kata lain, pada anak usia 14 tahun ke atas, normalnya anak telah memiliki gigi dewasa yang lengkap.

Fungsi Rumus dan Jumlah Gigi Susu Anak

Nah, fungsi dari gigi susu ini umumnya adalah sebagai alat pencerna makanan bagi anak-anak. Adapun rincian dari fungsi gigi susu anak adalah sebagai berikut :

Gigi Molar

Gigi molar adalah nama lain dari dari gigi geraham besar yang terletak di daerah gigi paling belakang. Gigi molar ini memiliki fungsi untuk mengunyah makanan sehingga menjadi lebih halus.

Gigi Premolar

Gigi premolar ini merupakan sebuatan lain dari gigi geraham depa. Fungsinya sama dengan gigi molar, yaitu untuk mengunyah makan. Namun, yang membedakan dengan gigi molar adalah ukuran giigi dari gigi premolar lebih kecil dibandingkan dengan gigi molar.

Gigi Insisivus

Nah, gigi insisivus ini merupakan kata lain dari gigi seri. Fungsinya adalah memotong makanan hingga berukuran lebih kecil lagi, sebelum makanan tersebut dihaluskan oleh gigi premolar juga gigi molar.

Gigi Caninus

Gigi Caninus merupakan kata lain dari gigi taring. Ya, gigi ini berfungsi untuk merobek atau mengoyak makanan, sehingga memudahkan untuk proses pemotongan dan pengunyahan makanan.

Bagai mana sobat jelaskan rumus gigi susu anak di atas ? jika sudah jelas .maka sekian saja dari  obatsakitgigi.org
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner