Artikel 9 Tips Cara Sikat Gigi Yang Benar, Baik Pakai Behel Atau Tidak Buat Anak Bayi Dan Orang Dewasa

Artikel 9 Tips Cara Sikat Gigi Yang Benar, Baik Pakai Behel Atau Tidak Buat Anak Bayi Dan Orang Dewasa

Artikel 9 Tips Cara Sikat Gigi Yang Benar, Baik Pakai Behel Atau Tidak Buat Anak Bayi Dan Orang Dewasa
Banyak dari kita yang sebenarnya belum mengetahui cara sikat gigi yang benar. Menyikat gigi sudah menjadi rutinitas sehari-hari yang tidak terlewatkan. Sikat gigi yang dianjurkan adalah minimal dua kali sehari yaitu setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi. Jika gigi tidak terawat dan kotor, maka berbagai masalah gigi bisa terjadi. Namun, tidak sedikit yang sudah rutin menyikat gigi tapi masih mengalami berbagai masalah pada giginya.

Artikel 9 Tips Cara Sikat Gigi Yang Benar, Baik Pakai Behel Atau Tidak Buat Anak Bayi Dan Orang Dewasa

Hal seperti itu timbul karena seringkali kita tidak mengaplikasikan cara sikat gigi yang benar. Sesering apapun kita menggosok gigi jika dilakukan dengan cara yang salah maka manfaat dari menyikat gigi itu sendiri tidak akan terasa. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk menggosok gigi dengan benar terlebih buat anak balita atau bagi mereka yang memakai behel.

Cara sikat gigi yang benar, baik pakai behel atau tidak buat anak bayi dan orang dewasa

Untuk memaksimalkan manfaat dari menyikat gigi, inilah informasi tentang bagaimana menyikat gigi yang baik dan benar:
  1. - Pilih sikat gigi dengan bulu yang lembut agar tidak melukai gusi. Hal ini juga untuk menghindari abrasi gigi.
  2. - Menggunakan pasta gigi yang sesuai kebutuhan. Untuk anak gunakan pasta gigi khusus anak. Jika kita memiliki gigi sensitif maka gunakan pasta gigi yang sesuai.
  3. - Gunakan pasta gigi secukupnya karena jika berlebihan, rasa panas dari pasta gigi akan membuat kita terburu-buru dalam menyikat gigi. Sedangkan menyikat gigi harus dilakukan secara menyeluruh bukannya secara cepat.
  4. - Menggosok gigi dimulai dari bagian depan dengan arah vertikal. Menggosok gigi tidak perlu dilakukan dengan keras. Cukup dilakukan dengan lembut agar gusi tidak terluka.
  5. - Lanjutkan menggosok gigi dibagian kanan dan kiri masih dengan arah vertikal agar sisa makanan dapat terangkat dengan baik.
  6. - Setelah selesai dibagian luar, barulah kita menggosok bagian dalam gigi. Menggosok gigi harus dilakukan secara menyeluruh dan tidak terburu-buru.
  7. - Setelah menggosok gigi, kita bersihkan juga lidah dan langit-langit mulut agar semua bakteri dapat terangkat. Hal ini seringkali kita lupakan karena kita mengira bakteri hanya berasal dari sisa makanan yang menempel disela-sela gigi saja.
  8. - Akhiri ritual menggosok gigi dengan berkumur menggunakan penyegar mulut atau mouthwash. Pilihlah mouthwash yang tidak mengandung alkohol agar mulut tidak kering.
  9. - Jika kurang jelas silahkan lihat video cara sikat gigi yang benar youtube
Bagi mereka yang memakai behel, menggosok gigi mungkin akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Namun menggosok gigi haruslah tetap dilakukan dengan benar agar mulut tetap sehat.

Pentingnya mengetahui cara sikat gigi yang benar

Menggosok gigi yang benar penting dilakukan dan harus diterapkan sejak masih kanak-kanak. Banyak kesalahan yang kita lakukan saat menggosok gigi seperti menyikat gigi dengan arah horizontal. Hal tersebut justru akan membuat sisa-sisa makanan tetap tertinggal disela-sela gigi. Sehingga gigi menjadi kuning dan rapuh. Selain itu, bakteri juga akan terus berkembang dan terjadilah karies gigi. 

Karies gigi bukanlah hal sepele. Penyakit gigi ini dapat menimbulkan rasa sakit yang dapat menganggu aktifitas kita sehari-hari. Jika karies terjadi pada anak-anak, maka pertumbuhan mereka juga bisa terganggu. Karies gigi juga menyebabkan mulut tidak segar sehingga dapat menurunkan kepercayaan diri kita dalam berinteraksi. Maka sudah saatnya untuk kita mulai mengaplikasikan cara sikat gigi yang benar dari sekarang untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Kami dari obatsakitgigi.org mengucapkan selamat mencoba buat anda .

You Might Also Like:

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments