10 Cara Cabut Gigi Bungsu Tanpa Operasi Gigi Bawah , Gigi Atas Saat Hamil Tidak Sakit

10 Cara Cabut Gigi Bungsu Tanpa Operasi Gigi Bawah , Gigi Atas Saat Hamil Tidak Sakit

Cabut gigi bungsu tanpa operasi bawah atas bisa saja dilakukan. Dengan catatan, oleh dokter gigi langsung. Kita tak bisa begitu saja mencabut sendiri gigi bungsu. Dikhawatirkan karena kita bukan professional dibidangnya, mencabut sendiri akan membahayakan janin. Dokter akan memberikan treatment tertentu terkait kondisi kita yang sedang hamil. Dokter akan melakukan pencabuta saat usia kandungan kita sudah melewati triwulan pertama, rahim sehat, janin kuat, dan kondisi kesehatan sang ibu yang stabil akan memungkinkan pencabutan gigi yang memiliki nama lai wisdom teeth ini.

Mengambil langkah cabut gigi bungsu tanpa operasi diputuskan oleh dokter gigi dan akan ditangani oleh dokter gigi spesialis bedah mulut.

Cara Cabut Gigi Bungsu Tanpa Operasi Bawah Atas Saat Hamil

Gigi bungsu yang terpendam, tidak mungkin dicabut dengan tang atau gagal, maka akan dilakukan pembedahan. Namun jika gigi bungsu tidak terpendam, maka tindakan tanpa pembedahan bisa dilakukan. Dokter akan memberikan suntikan pada gigi depan yang belakang yang akan dicabut. Kemudian kita akan menggigit kain kasa untuk menghentikan pendarahan setelah pencabutan. Resiko yang mungkin terjadi setelah gigi bungsu dicabut baik melalui pembedahan atau tidak adalah pendarahan, cedera jaringan lunak dan syaraf, dan fraktur patah pada akar gigi, gigi tetangga, dan tulang rahang bawah.

Namun tetap saja, meski bisa dilakukan, jika gigi bungsu tersebut tidak begitu mengganggu sebaiknya dicabut ketika kita sudah melahirkan dan sudah dalam kondisi stabil pasca melahirkan. Resiko yang ditanggung akan rendah, karena saat hamil kita mengandung janin yang terhubung langsung dengan seluruh syaraf kita, sehingga dikhawatirkan membahayakan sang janin.

Jika memang gigi bungsu terasa sakit, kita perlu berkonsultasi dengan dokter gigi dan dokter kandungan untuk mendapat arahan tindakan yang harus dilakukan.

Tips Setelah Cabut Gigi Bungsu Tanpa Operasi


Kita dianjurkan melakukan hal-hal berikut ini pasca pencabutan:
1. Istirahat total minimal 24 jam hingga 3 hari
2. Tidak berkumur dan menggosok gigi 24 jam setelah pencabutan
3. Berkumur untuk membersihkan area mulut setelah 24 jam pasca pencabutan
4. Gosok gigi bisa dilakukan minimal 24 jam setelah dicabut, tentunya dengan hati-hati
5. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi
6. Meminum vitamin C
7. Jika agak bengkak, maka kompres dengan air dingin atau es selama 15 menit, diselingi 10 menit tanpa kompres, dan ulangi kompres dan tanpa kompres hingga istirahat malam menjelang.
8. Meminum antibiotic untuk menjaga kebersihan mulut
9. Mengkonsumsi makanan lunak pasca pencabutan minimal selama 3 hari. Kita bisa makan bubur dan minum air putih biasa tanpa menggunakan sedotan karena khawatir akan tergores
10. Konsultasi ke dokter gigi setelah pencabutan hingga betul-betul sembuh
Baca juga :3 Obat Sakit Gigi Dan Gusi Bengkak Di Apotik Paling Ampuh
Sedang atau tidak dalam kondisi hamil, perawatan gigi sangatlah penting. Baik kita memiliki gigi bungsu atau tidak, minimal menggosok gigi 2 kali sehari merupakan kewajiban. Kita bisa menggunakan obat kumur juga untuk menyeterilkan mulut setelah gosok gigi. Syaraf gigi berhubungan dengan syaraf lainnya. Meski saat hamil gusi menjadi sensitif, jangan sampai kita meninggalkan kebiasaan menggosok gigi. Makan yang teratur dan mengandung banyak gizi untuk menjaga stamina tubuh tetap fit.

Jika gigi bungsu terasa kurang nyaman atau bermasalah segera konsultasikan. Cabut gigi bungsu tanpa operasi atas bawah saat hamil bisa dilakukan sesuai anjuran dokter gigi dan dokter kandungan.

You Might Also Like:

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments