Selasa

Tips Cara Merawat Gigi Geraham Berlubang Pecah dengan Baik Menurut Dokter

Iklan
Mempunyai gigi yang bagus, utuh dan bersih tentunya harapan semua orang. Tidak ada lubang sama sekali, berjajar rapi dan tetap kokoh tanpa ada satupun yang pecah dan lubang. Namun, ketika harapan tak sesuai kenyataan dan banyak gigi geraham yang rusak dan berlubang, hanya bisa melakukan cara merawat gigi geraham tersebut agar tidak menjadi lebih parah dan mendatangkan penyakit pada gigi kita.

Tips Cara Merawat Gigi Geraham Berlubang Pecah dengan Baik Menurut Dokter

Cara merawat gigi geraham yang berlubang dan pecah dengan baik menurut dokter, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan. Sehingga dengan menjalankan tips ini setidaknya kita bisa mengantisipasi sakit pada gigi akibat adanya gigi yang berlubang dan menghindari penyakit gigi.
Tips Cara Merawat Gigi Geraham Berlubang Pecah dengan Baik Menurut Dokter

Tips merawat gigi geraham tersebut adalah:


1. Sikat gigi
Jika gigi yang sudah berlubang tentunya harus sering sikat gigi, aplaagi gigi berlubang sangat mudah sekali menjadi tempat berkumpulnya sisa-sisa makanan ke dalam lubang tersebut. Jika tidak disikat, sisa makanan itu menumpuk dan menjadi sarang bakteri. Disarankan pasta gigi yang digunakan adalah pasta gigi yang mengandung fluorida dan kalsium, karena memperkuat dan melindungi gigi. Setidaknya minimal 2x seheri, sesudah makan dan sebelum tidur. Semakin banyak semakin baik, atau setiap selesai makan.

2. Berkumur
Obat kumur yang digunakan adalah obat kumur antiseptik, obat kumur ini mampu mencegah perkembangan bakteri yang timbul pada plak gigi. Plak gigi itu timbul dari sisa makanan yang dalam 24 jam tidak segera dibersihkan, walaupun anda malas atau dalam keadaan apapun sebaiknya tetap membersihkannya agar palag tidak datang. Jenis obat kumur antiseptik ini sangat banyak, antiseptik yang bentuknya kemasan, bisa didapatkan di apotik atau membuat sendiri dengan cara merebus daun sirih lalu menggunakannya untuk berkumur. Air dalam keadaan hangat langsung dibuat kumur. Lakukan beberapa kali.

3. Menggunakan Dental flosh
Dental flosh adalah benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang menempel dan terselip pada permukaan gigi ataupun daerah yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Apalagi gigi geraham yang lettaknya paling jauh dan dalam. Dentol flosh ini juga mampu mencegah pembentukan plak gigi. Bagaimanapun juga adanya plag pada gigi semakin memperburuk penampilan dan tidak baik untuk kesehatan gigi.

4. Kontrol ke dokter
Kesehatan dan kebersihan gigi sangat penting untuk diperhatikan. Setidaknya 6 bulan sekali. Kita bisa mengecek gigi geraham kita, sehingga mengetahui perkembangannya. Apalagi jika terbentuk plak dan garang gigi, jika tidak pernah kontrol dan dibersihkan plak dan karang gigi tersebut akan mengeras. Setidaknya dengan kontrol, kita bia membersihkannya, danmenghilangkan kotoran terdalam yang ada di dalam lubang gigi geraham kita. Jikapun gigi itu rusak, kita bisa melakukan perawatan sesuai dengan saran dokter.

5. Melakukan tindakan
Jika gigi geraham yang lubang tersebut membutuhkan tindakan, maka kita bisa melakukan penambalan pada gigi. Gigi yang berlubang ditambal, sehingga bisamengurangi datangnya atau mengumpulnya sisa makanan di dalam lubang gigi. Namun jika gigi hancur dan pecah sebaiknya menggantinya dengan gigi tirua. Gigi tiruan tersebut bisa yang lepasan ataupun permanen. tergantung dengan selera dan keinginan masing-masing,
Baca juga : Kenapa Gigi Geraham Bungsu
Ketika kita sudah mengikuti saran dan tips dari dokter tentang merawat gigi geraham, maka kita sedikit mencegah dan mengantisipasi penyakit dan mengantisipasi semakin parahnya kerusahan gigi kita. Walaupun sudah berlubang besar dan pecah, tetapi tetap harus dirawat dan dijaga.
Tips dan cara merawat gigi geraham ini diambil dari blog khusus sakit gigi yang kami tampilkan sebagai sumber
Referensi:
- http://sakitgi2.blogspot.com/2015/05/merawat-gigi-geraham.html
PREVIOUS ARTICLE Lawas: Obat Sakit Gigi
 

Delivered by FeedBurner