Harga Tambal Gigi Berlubang, Patah dengan Laser dan Amalgam di Klinik Swasta dan Puskesmas 2016

Harga Tambal Gigi Berlubang, Patah dengan Laser dan Amalgam di Klinik Swasta dan Puskesmas 2016

Harga tambal gigi di dokter spesialis dan ahli gigi tentu saja berbeda jauh. Budget yang dikeluarkan di dokter sudah pasti akan jauh lebih besar dibandingkan dengan di ahli gigi. Dokter menggunakan alat-alat lengkap yang terjamin steril dengan tenaga professional di bidangnya. Sedangkan di ahli gigi, alat-alat yang digunakan belum tentu steril dan bukan professional seperti dokter.

Berbagai cara memperbaiki dan merawat gigi membuat kita harus mengetahui terlebih dahulu harga tambal gigi berlubang. Baik bertempat di klinik swasta dan puskesmas, baiknya kita mengetahui harganya agar budget bisa disesuaikan.

Harga Tambal Gigi Berlubang di Klinik Swasta dan Puskesmas
Harga Tambal Gigi Berlubang, Patah dengan Laser dan Amalgam di Klinik Swasta dan Puskesmas 2016

Gigi berlubang membuat kita pusing tujuh keliling. Rasanya sakit tak karuan hingga membuat kita serba tak enak. Tak enak makan, tak enak tidur, sensitif, tak fokus, kurang percaya diri, mulut menjadi bau, dan lainnya. Ketika sakit dirasa sudah mereda, segera kunjungi klinik swasta atau puskesma, atau bisa juga praktek dokter gigi langsung.

Dokter akan memeriksa dan jika dirasa solusinya ditambal, maka akan dilakukan penambalan gigi yang berlubang. Berikut pilihan penambalan gigi yang akan ditawarkan:

1. Laser
Penambalan gigi dengan menggunakan laser nyaris sempurna karena warnanya menyerupai gigi dan sangat kuat. Kelebihan yang lainnya, penambalan menggunakan laser ini memiliki banyak pilihan warna, dan sangat efektif digunakan gigi depan. Kekurangannya sendiri adalah mudah berubah warna jika kita tak pandai merawatnya, jika ada tambalan di depan tidak akan terlalu kuat untuk menggigit benda yang keras, dan harga yang cukup mahal sekitar 300 sampai 500 ribuan bahkan lebih.

2. Amalgam
Sebagian dari kita mungkin asing dengan istilah yang satu ini. Amalgam adalah bahan tambal gigi dari logam. Terdiri dari likuid (merkuri) dan bubuk (perak, timah, tembaga). Amalgam merupakan bahan tambal terkuat diantara bahan tambal yang lainnya. Penambalan gigi dengan amalgam bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama dengan syarat penambalan harus sesuai prosedur. Selain itu kelebihan lain amalgam adalah cara penambalan yang cukup mudah dan biaya yang relative terjangkau. Namun, tak semua pasien cocok dengan amalgam, ada sebagian yang alergi dengan logam. Selain itu, warnanya cukup kontras dengan gigi, dan membayang kehitaman menjadi kekurangan amalgam ketika tepi-tepi tambalan berbatasan langsung dengan gigi.

         Baca juga :      Sakit Gigi, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Harga Tambal Gigi Sesuai dengan Kualitas dan Kebutuhan

Budget sedang terbatas dan harus menambal gigi menjadikan kita memilih puskesmas sebagai tempat berobat. Tidak ada yang salah dengan puskesmas, mereka menambal gigi kita namun tak sebagus menambal di klinik. Pengalaman pribadi menunjukkan ketika menambal gigi di puskesmas, tak lama kemudian ‘semen’ nya copot lagi setelah beberapa hari, hingga membuat kita harus menambalnya lagi dan lagi.

Pilihan tempat bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Entah di klinik atau puskesmas, dua-duanya bertujuan mengobati walaupun kualitasnya berbeda. Hal yang harus kita lakukan adalah merawat kesehatan mulut, termasuk gigi dengan sebaik mungkin. Jika lubang gigi sudah membusuk maka tak ada kata lain selain mencabutnya. Dokter akan mengarahkan tindakan yang harus kita ambil.

Jadi bahan yang manakah yang akan kita pilih untuk menambal gigi yang berlubang atau patah? Harga tambal gigi berlubang yang dikeluarkan tentu worth it daripada menahan rasa sakit dan tidak percaya diri dalam jangka waktu yang lama karena gigi berlubang atau patah.

You Might Also Like:

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments