Selasa

Penyebab Gigi Keropos , Erosi , dan Cara Mencegahnya di Usia Muda dan Dewasa

Penting bagi kita untuk mengetahui penyebab gigi keropos, agar masalah gigi satu ini tidak sampai menyerang kita. Gigi keropos sendiri sering disebut erosi gigi dan biasanya disebabkan oleh makanan-minuman yang mengandung asam yang kita konsumsi sehari-hari. Sebenarnya gigi memiliki pertahanan yang baik untuk mencegah erosi gigi dengan menggunakan sejumlah mineral yang disediakan air liur. 

Namun jika paparan asam terus meningkat, gigi tak memiliki kesempatan untuk memperbaiki dirinya sendiri. Itulah yang menyebabkan lapisan email gigi kian tipis dan terjadilah erosi gigi atau gigi keropos.
Kondisi gigi yang berlubang (karies) juga menjadi penyebab gigi keropos. Umumnya karies gigi terjadi akibat tidak seimbangnya proses pelepasan mineral dan pengembalian mineral. Dengan kondisi gigi yang keropos, maka akan ada banyak akibat buruk yang muncul, seperti pembengkakan pada gigi, nyeri saat memasukkan dan mengunyah makan, bahkan tak jarang sampai menganggu saraf dan pembuluh darah gigi. Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui penyebab gigi keropos, seperti berikut.
Penyebab Gigi Keropos , Erosi , dan Cara Mencegahnya di Usia Muda dan Dewasa

 Penyebab Gigi Keropos , Erosi , dan Cara Mencegahnya

1. Plak
Plak bisa terjadi akibat konsumsi makanan berkarbohidrat yang terlalu banyak, seperti gula, susu, roti, kue, sereal, soda, dan permen. Bakteri yang tersisa dalam mulut kemudian akan mencerna makanan-makanan berkarbohidrat ini lalu mengubahnya menjadi asam. Bakteri yang tersisa, asam yang terbentuk, sisa makanan, bersama air liur kemudian akan menyatu pada plak dan menempel erat pada gigi.

2. Air Liur
Selain menetralkan asam, air liur juga berfungsi sebagai pembersih sisa makanan dalam mulut. Menurunnya jumlah air liur secara otomatis meningkatkan resiko karies dan menyebabkan gigi keropos.

Setelah mengetahui penyebab gigi keropos, tentu kita harus mengetahui cara mencegahnya. Berikut cara pencegahan gigi keropos atau erosi gigi.

1. Mengurangi konsumsi asam
Kebiasaan mengkonsumsi makanan-minuman bersifat asam harus dapat dikurangi, agar frekuensi paparan asam terhadap gigi dapat berkurang. Dengan begitu, lapisan email gigi tidak mengalami penipisan dan gigi keropos pun dapat terhindarkan. Beberapa makanan asam yang sebaiknya dikurangi yaitu soda dan jus buah.

2. Tidak menyikat gigi setelah mengkonsumsi asam
Setiap kali anda mengkonsumsi makanan-minuman bersifat asam, sebaiknya jangan langsung menyikat gigi setelahnya. Biasakanlah untuk menyikat gigi setelah 20 menit mengkonsumsi asam.

3. Mengontrol Plak
Sikatlah gigi dua kali dalam sehari dengan menggunakan pasta gigi berfluoride, yakni saat pagi hari dan saat sebelum tidur di malam hari. Pada saat tidur, aliran air liur akan berkurang bahkan berhenti sehingga kemampuan penetral asam tidak tersedia. Jika tidak ada plak, maka fluoride akan semakin aktif dalam memperbaiki struktur gigi. Sebagai tambahannya, gunakan benang gigi.
 Baca juga : Harga Tambal Gigi Berlubang,
4. Berkumur dengan obat kumur
Terkadang menyikat gigi saja dan berkumur dengan air biasa tidak seutuhnya mampu membersihkan keseluruhan gigi. Karena itu, sebaiknya berkumurlah dengan obat kumur untuk membersihkan bakteri yang disisakan pasta gigi. Berkumur dengan obat kumur juga dapat membantu pencegahan plak.

5. Meminum 3 liter air
Telah dikatakan sebelumnya bahwa penurunan air liur tidak hanya mengganggu proses penetralan asam, tapi juga mengganggu proses pembersihan sisa makanan dalam mulut. Sejatinya kondisi air liur yang baik adalah yang bersifat cair, berjumlah banyak, dengan tingkat keasaman rendah. Agar kondisi air liur tetap baik, maka anda harus meminum air putih 3 liter setiap hari.

Gigi keropos tidak hanya mengganggu kesehatan, tapi juga mengganggu penampilan dan menimbulkan bau mulut yang dapat membuat lawan bicara merasa nyaman. Karena itulah, sebisa mungkin gigi keropos harus dapat dihindari. Demikianlah penyebab gigi keropos, erosi, dan cara mencegahnya. Semoga dapat membantu.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner